KURIKULUM MADRASAH
KURIKULUM MADRASAH
Kurikulum MA. Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng merupakan pedoman operasional atau pelaksanaan semua kegiatan di Madrasah. Kurikulum MA. Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng disusun secara bersama-sama oleh kepala Madrasah, wakil kepala Madrasah, guru dan komite Madrasah. Dokumen kurikulum Madrasah berisi rincian kurikulum yang akan digunakan pada tahun pelajaran 2024/2025. Beberapa perbaikan pada kurikulum tahun pelajaran 2024/2025 dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan kualitas lulusan dengan tetap mempertahankan cirinya sebagai institusi pendidikan Indonesia. Dokumen kurikulum MA. Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng disusun dengan melihat karakteristik Madrasah, visi dan misi Madrasah. Rincian di dalam dokumen kurikulum Madrasah merupakan panduan dan arahan bagi keseluruah kegiatan yang dilakukan di Madrasah. Oleh karena itu semua pimpinan, guru dan tenaga kependidikan haruslah memahami dan menjiwai dokumen kurikulum operasional Madrasah ini. Pelaksanaan dari rancangan kurikulum Madrasah pada tahun pelajaran 2024/2025 ini harus juga bisa menjadi pedoman pada penyusunan kurikulum Madrasah pada tahun berikutnya. Evaluasi pelaksanaan merupakan acuan untuk menentukan bagian mana yang perlu tetap dipertahankan dan bagian mana yang harus diperbaiki.
Implementasi kurikulum merdeka di MA. Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng terdiri dari 2 (dua) Fase yaitu fase E dan Fase F. Madrasah mengorganisasikan muatan pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek secara terpadu atau simultan. Dalam kaitan ini madrasah menggunakan pendekatan kelompok mata pelajaran secara integratif (terpadu) tidak dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik pada pembelajaran intrakurikuler untuk kelompok mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) serta Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berdasarkan ketersediaan sumber daya yang ada. Pembelajaran kolaboratif beberapa guru juga diterapkan untuk mengajarkan suatu tema proyek yang di dalamnya dikelola untuk menguatkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, sehingga capaian intrakurikuler dan karakter Pelajar Pancasila dapat diwujudkan.